Cara mencetak label

Posted: Maret 19, 2010 in Lain-Lain, Tips & trick

Sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya mengenai cara cetak undangan, kali ini Ts akan mencoba membahas tentang cara mencetak label yang akan dibubuhkan pada undangan sebagai nama2 yang akan kita undangan. Pastinya setelah Undangan siap, data yang akan diundang juga sudah diketik. Bagi yang tidak tahu caranya, tentu saja hal ini jadi masalah. Bisa-bisa manual cara membuatnya, atau bahkan mengerjakan orang lain dan tentunya bakal keluar lagi biaya.

Bagi yang belum mengetahui, mungkin tips ini bisa membantu. Setelah data orang-orang yang akan diundang diketik pada sebuah tabel (baik di MS Word ataupun di MS Excel, berikutnya ikuti langkah-langkah sebagai berikut (Lakukan di MS Word 2003, jangan lupa siapkan penggaris dan kertas label standar No.103) . Mungkin ini cara dari sekian cara yang ada, artinya bila ini terlalu menjelimet, bisa pakai cara yang sudah Anda ketahui saja, khan beres, gak usah bingung2  ;) :

  1. Buka File  Baru. Bisa lakukan dengan File, New atau icon New Blank Document atau juga Ctrl+N (pada saat sedang membuka file lain)
  2. Tools, Letter and Maillings, Envelopes & Labels, pilih Labels, Options, Details. Nah di sinilah Anda sudah mulai mengukur kertas label dengan penggaris, mulai dari Top Margin (jarak label atas terhadap sisi atas label), Side Margin (jarak label kiri terhadap sisi kiri label), Vetikal pitch (jarak label atas terhadap bagian atas label di bawahnya/berikutnya), Label height (tinggi ukuran label), Label width (lebar ukuran label), Number across (jumlah label ke samping dalam satu lembar), Number down (jumlah label ke bawah dalam satu lembar). Untuk label yang No.103 jumlah perlembarnya 12 buah label, yaitu ke samping 3 dan ke bawah 4.
  3. O iya, jika Anda menyukai ukuran dalam satuan cm, lakukan ini: Tools, Options, General, Measurement units: pilih Centimeters.
  4. Simpan nama label yang sudah diset tersebut, yang kemungkinan di lain waktu diperlukan lagi.
  5. Pilih New Document (pada menu Envelopes and Labels) tadi, hingga muncul template label (berbentuk garis bayangan) sesuai ukuran yang telah diset tadi.
  6. Lakukan lagi: Tools, Letter and Maillings, Mail Merge wizard. Setelah muncul menu MailMerge-nya (biasanya sebelah kanan layar), ikuti petunjuk lainnya (Next) hingga menemukan kata Browse (pada Step 3 of 6).  Lalu cari file dimana Anda pernah menyimpan file yang berisi data2 yang akan diundang tersebut.
  7. Ikuti saja perintah lainnya (Next saja) hingga muncul kata More Items (step 4 of 6).
  8. Insert atau sisipkan field2 yang diperlukan, dan letakkan posisinya sesuai keinginan
  9. Pastikan di setiap satu label terisi dengan field2 yang diperlukan tersebut, misalnya Nama, Alamat, Kota dll, dan pastikan juga di setiap akhir field pada masing2 label ada script Next Record-nya, agar setiap field diisi oleh data berikutnya.
  10. Tinggal munculkan hasilnya di menu Mail Merge, pilih View Merged Data. Bila menu Mail Merge tersebut belum muncul, lakukan VIew, Toolbar, MailMerge.
  11. Sudah. Tinggal print aja..

semoga artikel ini bermanfaat bagi teman2 semua.

salam hangat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s